Saturday, January 3, 2015

Memunculkan Notifikasi di Android ke Peramban Desktop

Mungkin kamu terlalu sibuk menjelajah internet di depan komputer sehingga terkadang tidak sadar banyak notifikasi yang masuk ke smartphone Android. Jika kamu ingin tetap fokus di depan komputer namun tidak ingin ketinggalan menerima notifikasi dari smartphone Android kamu, ada cara agar notifikasi tersebut bisa ditampilkan di layar komputer. Selain aplikasi Desktop Notification yang mesti terpasang di Android, kamu juga membutuhkan peramban Mozilla Firefox atau Google Chrome sebagai media penerima notifikasi tersebut. Berikut cara pemasangannya:


1. Pasang aplikasi
Pada smartphone Android, cari dan pasang Desktop Notification di Google Play. Beralih ke komputer (Windows), bagi kamu yang menggunakan peramban Mozilla Firefox, pasang addon dengan nama Desktop Notifications for Android. Dan bagi kamu pengguna peramban Google Chrome juga bisa memasang addon dengan nama yang sama melalui tautan ini.

2. Lakukan pengaturan
Pada smartphone Android, jalankan aplikasi Android Desktop Notifications. Aktifkan Notification Access dengan menekan Open Accessibility Settings dan posisikan Desktop Notification menjadi ON.

3. Catat kode
Kembali ke halaman utama. Pada langkah ketiga (Connect), catat kode yang tertera dan ketikkan pada aplikasi addon di peramban yang kamu gunakan. Tekan Apply untuk menyimpannya.

4. Tampilan notifikasi
Nantinya tiap ada pesan masuk seperti BBM, whatsapp, email, dan aplikasi lainnya, maka notifikasi di komputer akan tampil melalui Google Chrome meski terkadang terdapat jeda beberapa lama tergantung koneksi internet atau jaringan. Agar selalu menerima notifikasi pastikan peramban dan addon yang kamu gunakan selalu dalam keadaan aktif.



0 comments: