Sunday, December 22, 2013

Langkah Mudah Bersihkan Adware Hijacker


Saat ini gangguan akan adware Search Engine Hijacker makin marak. Hal ini dipicu karena banyaknya program-program gratisan yg ditumpangi oleh adware ini untuk bisa melakukan pemasangan pada sistem toolbar browser, atau dikenal dengan add-on.
Adware ini sekarang tidak lagi sembunyi-sembunyi untuk bisa melakukan masuk kedalam sistem browser, karena mereka langsung menumpang pada legalitas sebuah software atau freeware.
Jadi jangan pernah heran saat anda melakukan proses instalasi aplikasi tertentu, tiba-tiba terdapat tawaran untuk melakukan proses instalasi program lain atau penambah add-on pada browser anda.


Dengan cerdik adware ini mendapat persetujuan dari korbannya untuk menginstalkan dirinya ke komputer sehingga tidak melanggar hukum, karena itu program antivirus tidak memasukkan program ini ke dalam program berbahaya. Namun aksi yg dilakukan adware ini mungkin akan banyak mengganggu atau menghabiskan resource.
Selanjutnya dia akan mengganti search engine default dan mengarahkan hasil search ke situs yg berbeda. Anehnya bila ingin menghilangkan aplikasi ini, maka banyak sekali kesulitan yg ditemui. Tidak hanya proses unistal saja yg dilakukan, tetapi juga proses pembersihan registry.
Misalnya anda ingin menginstal freeware seperti MP3 Player atau Youtube Downloader, maka kemungkinan besar komputer anda mengandung adware yg diam-diam mengalihkan hasil search engine komputer anda tanpa anda sadari.
Sekalipun hal tersebut sudah berjalan cukup lama, kemungkinan korbannya belum menyadari karena tampilannya dibuat mirip dengan Google search yg digantikannya. Dan hebatnya, hal ini bisa terjadi sekalipun komputer korban sudah dilindungi oleh program antivirus yg terupdate. Adware yg kemungkinan masuk ke komputer di identifikasi sebagai Search Engine Hijacker dan Toolbar Hijacker.
Ada juga adware yg tidak hanya mendompleng ke dalam browser, tetapi juga sekaligus menjadi spyware, bahkan sebuah malware yg nantinya akan menginstruksi PC anda untuk melakukan proses download trojan yg telah tesedia di beberapa situs.
Pada tulisan saya yg berikutnya akan saya bahas cara pembersihan Ad-ware.  Klik disini untuk membaca bagian kedua.

0 comments: