Thursday, January 16, 2014

Langkah Mudah Bersihkan Adware Hijacker Part 2

Tulisan saya ini, sambungan dari post sebelumnya yaitu Langkah Mudah Bersihkan Adware Hijacker. Untuk membersihkan adware, anda bisa menggunakan beberapa tool adware remover yg banyak tersedia di internet. Disini untuk contoh saya menggunakan Ad-aware SE. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa langsung mendownloadnya di sini.
Setelah menginstal, lakukan proses update.


Setelah proses update selesai,anda bisa menkonfigurasi Ad-aware SE untuk setelan optimal. Pertama klik pada tombol Configuration di bagian atas jendela, yg ditunjuk oleh kotak biru. Akan muncul layar baru dengan berbagai pilihan pengaturan. Silahkan ikuti petunjuk untuk mengkonfigurasi Ad-aware SE :
1. Klik tombol general di sisi kiri.
- Pastikan item berikut di bawah kategori Safety memiliki centang hijau di dalamnya. Jika tidak, klik sekali pada lingkaran di samping mereka untuk menempatkan tanda centang di dalamnya.
* Automatically save logfile
* Automatically quarantine objects prior to removal
* Safe Mode (selalu permintaan konfirmasi)
2. Selanjutnya klik pada tombol Advance di sisi kiri. Pastikan item berikut di bawah kategori Logfile Detail Level memiliki centang hijau di dalamnya.
* Include additional object information
* Include negligible objects information
* Include environment information
* Include Alternate data stream detail in log file
3. Selanjutnya klik tombiol  Tweak di sisi kiri.
- Kemudian klik tanda + (plus) di samping bagian Log Files. Hal ini akan memperluas bagian. Pastikan item berikut di bawah kategori Logfile Detail Level memiliki centang hijau di dalamnya. Jika tidak, klik sekali pada lingkaran disamping untuk menempatkan tanda centang didalamnya.
* Include basic Ad-Aware settings in logfile
* Include additional Ad-Aware settings in logfile
- Klik tanda + (plus) disamping bagian Scanning Engine. Hal ini akan memperluas bagian. Jika tidak, klik sekali di lingkaran samping untuk menempatkan tanda centang didalamnya.
* Membongkar proses diakui & modul selama scan
* Pindai registri untuk semua pengguna, bukan hanya pengguna saat ini.
- Klik tanda + (plus) bagian Cleaning Engine. Hal ini akan memperluas bagian. Jika tidak, klik sekali pada lingkaran di samping untuk menempatkan tanda centang di dalamnya.
* Selalu mencoba untuk membongkar modul sebelum penghapusan
* Selama penghapusan, membongkar Eplorer dan IE jika perlu
* Membiarkan Windows menghapus file digunakan pada reboot berikutnya
Menghapus objek dikarantina setelah memulihkan

Setelah pengaturan selesai, anda harus mengklik tombol Proceed. Ini akan membawa anda ke layar preparation.

Pastikan anda mengubah modus scan,yg ditunjuk oleh kotak merah, untuk melakukan scan sistem lengkap. Kemudian hapus centang "Search for negligible risk entries".

Sekarang klik pada tombol Next untuk mengulangi scaning sistem. Ad-Aware SE akan menscan sistem untuk Spyware dan Hijackers. Ini bisa memakan waktu cukup lama.

Ad-Aware SE akan memindai berbagai bagian sistem konfigurasi komputer anda file dan memori untuk mengenali jejak malware. Seperti menemukan infeksi, itu akan memperbarui status scan dnegan jumlah item yg telah ditemukan. Ketika proses scaning selesai maka akan muncul hasilnya.

Jika anda ingin menyalin isi dari log scan, anda dapat mengklik tombol logfile Show. Untuk menyelesaikan membersihkan, klik pada tombol Next.

Ad-Aware SE akan memberikan kotak konfirmasi, apakah anda ingin menghapus objek yg baru saja terpilih. Jika anda ingin melakukannya, tekan tombol OK.

Seperti penjelasan sebelumnya, ketika anda memperbaiki item dengan Ad-Aware SE tidak secara otomatis menghapusnya, tetapi menambahkan mereka ke sebuah file karantina yg memakan ruang hard drive. Oleh karena itu bukan ide yg buruk untuk menyingkirkannya. Sebelum anda melakukannya, pastikan salah satu item yg telah dikarantina tidak mempengaruhi fungsi dari setiap program yg anda gunakan.

Untuk mengakses karantina anda harus mengklik link yg mengatakan "Open Quarantine List", sekarang anda harus memilih file karantina yg ingin dihapus dan tekan tombol delete. File karantina kini dihapus dari hard drive anda. Selamat mencoba 


0 comments: