Sunday, June 7, 2009

Lupa Password Windows XP Part.2

Tulisan ini masih berhubungan dengan post yang sebelumnya saya tulis. Jadi langsung aja, jika anda belum berhasil membuka password administrator Windows XP dengan langkah-langkah yang saya tulis di post sebelumnya (Lupa Password Windows XP Part.1), masih ada satu jalan pintas lain yang masih bisa anda lakukan. Cara tersebut adalah dengan mereset password administrator menjadi kosong sehingga kita bisa login dengan account administrator tanpa perlu memasukkan passwordnya.
Untuk melakukannya, anda butuh tool bernama CHNTWP (Change NT Password). Kalau anda belum punya, bisa download disini, dan dapat anda gunakan secara cuma-cuma. Selain dapat melakukan reset terhadap password setiap user yang ada dalam sistem operasi berbasis Windows NT, anda juga tidak perlu mengingat-ingat password lama masing-masing user.
Utility ini juga bekerja secara offline. Artinya, anda harus melakukan shutdown terhadap komputer dan melakukan booting ulang menggunakan floppy disk atau CD. Tidak perlu khawatir untuk repot-repot membuat bootable CD atau disk karena file mentah utility ini merupakan file image yang perlu di burn ke CD atau di ekstrak ke disket.
Setelah selesai di download, ekstrak file zip tersebut. Pada folder tempat ekstraksi file zip tadi, jalankan file install.bat. Pada prompt yang muncul, kettikan drive tempat kita akan menginstal. Jika anda bermaksud untuk menggunakan floppy disk, maka kettikan "A' (tanpa tanda kutip). Setelah itu masukkan sebuah disket yang sudah terformat ke drve A dan tekan [Enter]. Proses instalasi ini akan menghasilkan sebuah bootable floppy disk.
Kalau anda bermaksud untuk mebuat bootable CD, setelah anda download file instalasi, ekstrak ke CD menggunakan software burning yang biasa anda gunakan.
Sebagai tambahan, tool CHNTPW memiliki kelebihan lain yakni dapat mendeteksi user account dan menawarkan untuk meng-unlock passwordnya sekaligus juga berfungsi sebagai registry editor.
Selamat mencoba

0 comments: