Sunday, May 31, 2009

Lupa Password Windows XP Part.1

Pada komputer, terutama jika komputer tersebut digunakan oleh beberapa user, biasanya terdapat beberapa account yang berbeda dalam sistem operasinya. Misalnya administrator, limited, ataupun sekedar guest. Nah, jika suatu saat anda perlu mengbah sesuatu pada sistem opersi anda, tentu anda perlu mengakses sistem operasi tersebut menggunakan account user administrator atau user dengan hak administrator. Kalau anda ingat password yang anda gunakan tentu tidak ada masalah. Tetapi kalau anda lupa password nya, berikut ini salah satu cara yang mungkin bisa anda gunakan. Memang cara ini belum tentu berhasil di semua PC, namun siapa tahu ini berhasil di PC anda. Begini langkah-langkahnya.
  • Hidupkan komputer. Kalau anda sudah berada dalam sistem operasi menggunakan account user dengan akses limited atau guest, restart saja komputer tersebut.
  • Ketika PC dalam kondisi POST (Power On Self Test), bersiap-siaplah untuk menekan tombol F8 di keyboard untuk memunculkan opsi booting sistem operasi. Jika anda menekan F8 di waktu yang tepat, akan muncul sebuah menu. Pada menu tersebut pilihlah opsi "Safe Mode" untuk masuk kedalam sistem operasi anda.
  • Setelah tiba di user menu pada tampilan awal sebelum masuk sistem operasi, pilih salah satu user yang tersedia, tentunya yang tidak diproteksi password atau yang anda ingat passwordnya.
  • Setelah masuk kedalam sistem operasi, klik [Start]>[Run] dan ketikkan "CMD" di kolom Open: yang mucul.
  • Setelah terbuka jendela command prompt, ketikkan "CD:\Windows\System32" (tanpa tanda petik). Ini asumsinya adalah sistem operasi anda terinstal di drive C:\ dan nama folder tempat instalainya adalah "Windows'.
  • Demi keamanan, sebelum anda mengubah password admisitrator, ada baiknya ada melakukan backup terhadap file dengan nama logon.scr. Caranya adalah mengetikkan perintah "Copy logon.scr to logon.bak" (tanpa tanda kutip). Perintah ini adalah untuk membuat backup terhadap logon.scr yaitu dengan membuat file sama persis dengan logon.bak di direktori yang sama. Tentu anda dapat menentukan nama file backup terhadap logon.scr tersebut sesuka anda.
  • Berikutnya adalah ketikkan perintah "Copy CMD.EXE logon.scr"(tanpa tanda kutip). Perintah ini akan mengopikan file dengan nama cmd.exe ke file logon.scr dan menubah file logon.scr aslinya.
  • Untuk mengubah password administrator dari direktori C:\Windows\System32 tadi, ketikkan perintah berikut "net user administrator PasswordbarukU' (tanpa tanda kutip). Dengan contoh tersebut, password milik user administrator akan di ubah menjadi PasswordbarukU. Tentunya password baru tersebut dapat anda ubah sesuka hati. Selain itu, anda juga dapat mengubah password account lain yang ada. Misalnya user dengan nama Superman password-nya diubah menjadi BisaTerbanG dengan mengetikkan perintah "net user Superman BisaTerbanG".
  • Setelah itu, di layar akan muncul pesan bahwa perubahan password sudah berhasil dilakukan. Kalau sudah, restart PC anda dan anda dapat login sebagai administrator ataupun user lainnya yang passwordnya sudah anda ganti dengan password baru yang anda buat.
Langkah-langkah diatas marupakan salah satu cara untuk mengubah password administrator ataupun user lain yang ada di sistem operasi, ada kemungkinan cara ini tidak berhasil dilaklukan.
Selamat mencoba!

0 comments: