Thursday, June 19, 2008

Menambahkan mesin Pencari di IE7

By : Steven A.P

Di jendela Internet Explorer versi 7, ada kotak baru di pojok kanan. Kotak ini memiliki fungsi untuk melakukan pencarian di Internet. Secara standar, IE mengatur mesin pencariannya ke Windows Live Search. Kita bisa saja mengganti mesin pencari dengan puluhan mesin pencari lain melalui menu Find More Provider.
Kalau kita tidak puas dengan pilihan yang ada, tambahkan saja sendiri. Untuk menambahkannya, kita harus mengunjungi mesin pencari yang biasa digunakan. kemudian kita mencari tahu pola yang digunakannya. Setelah informasi terrsebut didapat, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jalankan Registry Editor.
  2. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\Search\Scopes.
  3. Klik kanan pada [SearchScopes], pilih [New].[Key]. Ketikkan nama situs yang ingin Anda tambahkan. Misalnya Digg Search.
  4. Sekarang Anda harus membuat dua opsi untuk key yang baru saja Anda buat. Klik kanan pada [Digg Search], pilih [New].[String Value]. Beri string value tersebut dengan nama DisplayName.
  5. Klik kanan pada [DisplayName]>[Modify]. Atur nilainya dengan nama nama yang ingin Anda munculkan di Internet Explorer, lalu klik [OK] untuk menyimpan perubahan.
  6. Sekarang Anda perlu membuat string value lainnya untuk menyimpan lokasi atau URL dari mesin pencari. Klik kanan pada [Digg Search], pilih [New]>[String Value]. Berikan nama string value tersebut dengan nama URL.
  7. Sekarang klik ganda pada URL dan isikan value datanya dengan URL yang dapat menerima fungsi pencarian. Misalkan untuk situs http://www.Digg.com, URLnya adalah http://www.Digg.com/?s=. Di belakangnya ditambahkan {searchTerms} sebagai bagian dari URL yang Anda masukkan. Pada contoh di atas, Anda perlu memasukkan URL berikut pada kolom value data http://www.digg.com/?s={searchTerms}.
  8. Tekan [OK] dan lihat perubahannya pada Internet Explorer Anda.

0 comments: