Friday, June 20, 2008

Buat DVD Bootable tanpa Disket

By : Regina I

Dulu ketika kita ingin membuat CD atau DVD bootable, kita harus membuat disketnya lebih dulu. Ringkasnya begini kira-kira caranya. Pertama bikin disket start-up lalu disket tersebut dibuat image-nya ke dalam CD atau DVD. Cara tersebut membuat kita dua kali bekerja. Lagipula disket yang digunakan harus disket yang kondisinya masih bagus.
Karena disket sudah susah dicari , kita harus melakukan suatu trik agar pembiatan DVD bootable tidak lagi butuh disket. Trik ini akan menggunakan Nero Burning ROM versi baru. Pada Nero itu telah disediakan image dari disket star-up yang boasa digunakan di Windows. Alhasil Anda tidak perlu lagi menggunakan disket dalam pembuatan CD atau DVD bootable. Berikut ini adalah cara pembuatan CD atau DVD bootable dengan menggunakan Nero.

  1. Jalankan Nero Burning ROM
  2. Pada jendela New Compilation, di sebelah kirinya pilihlah [CD?DVD-ROM (Boot)].
  3. Di dalam tab [Boot] pilihlah [Image File]. Nero akan menuju ke folder C:\Program Files\Nero\Nero8\Nero Burning Rom\DosBootimage.IMA. Jika tidak ada, klik [Browse..] lalu cari file yang bernama DoosBootimage.IMA. File iutlah yang merupakan emulasi atau image dari start-up disk. Lalu beri cek didepan pada [Enable expert setting]. Setelah itu klik [New].
  4. Langkah selanjutnya sama sepeti proses membakar CD/DVD biasa.
Setelah selesai dibakar, unutk mencobanya silahkan restart PC lalu coba boot melalui CD. Salah satu keuntungan membuat bootable CD dari Nero ini adalah sistem bisa membaca partisi NTFS dari DOS. Pada start-up yang biasa dibuat oleh Windows hanya bisa membaca partisi FAT. Untuk membaca NTFS dari DOS, kita harus menginstal program lain seperti NTFS Floppy keluaran LSoft Technologies.

0 comments: