Monday, July 28, 2008

Mengubah Tampilan Windows XP

Apa yang dapat membedakan Windows XP dengan Windows vesi sebelumnya? Jawaban yang sering disebut barangkali karena mudah adalah tampilan Windows XP. Desain antar muka Windows XP yang diberi nama "Luna" ini memiliki perbedaan yang mencolok kalau dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya.
Meskipun bagus apakah anda bosan dengan tampilan sistem operasi yang begitu terus? Kalo iya ada baiknya jika sekali-kali anda mengganti gaya tampilan standar Windows ke tampilan yang luar biasa.
Ada banyak tampilan Windows XP yang bisa anda dapatkan dengan bebas di internet. Salah satu situs web yang dengan gratis membagikan tampilan Windows XP ini adalah www.themexp.org. Di sana anda dapat mengunduh beragam variasi gaya tampilan Windows tanpa uang sepeser pun. Untuk mempermudah instalasi dan penggunaan tampilan yang tersedia situs web tersebut. Anda disarankan untuk menginstal piranti lunak khusus. Salah satu piranti lunak yang bisa disebut adalah StyleXP. Sayangnya StyleXP tidak sepenuhnya gratis. Anda hanya dapat menggunkan secara bebas selama 30 hari untuk. Untuk penggunaan lebih dari 30 hari anda harus membayar.
Agar anda tidak mengeluarkan uang, atau malah mengerjai StyleXP sehingga bisa dipakai lebih dari 30 hari ikuti saja trik berikut ini. Saya akan menunjukkan kepada anda cara menggunakan tampilan yang sudah di unduh ke Windows XP.

  1. Pastikan file tampilan (berekstensi MSSTYLES) yang sudah anda unduh telah diletakkan di C:\WINDOWS\resources\Themes\.
  2. Jalankan aplikasi Group Policy Editor dengan mengklik [Start]>[Run..], ketik "gpedit.msc" lalu tekan [Enter].
  3. Masuklah ke folder Local Computer Policy\User Configuration\Administrative Templates\Control Panel\Display\Desktop Themes\.
  4. Klik dua kali pada [Local a specific visual style file force Windows Classic] lau pilih [Enabled].
  5. Begitu anda mengklik [Enabled] maka "Path to Visual Style" yang terdapat di kotak bagian bawah akan aktif. Masukkan lokasi file MSSTYLES pada kolom yang disediakan, misalnya "%windir%\resources\Themes\Luna\Luna.msstyle" untuk tampilan standar Windows. Contoh lainnya, jika file tampilan yang anda yang anda miliki bernama Corona 12 maka alamatnya menjadi "%windir%\resouces\Themes\Corona 12\Corona 12.msstyle". Kalau file tampilan ada di komputer lain yang sejaringan. Anda dapat menggunakan format \\Server\Share\namafile.msstyles. Penulisan ini harus tepat. Tapi jika saat login Windows tidak menemukan file tampilan yang anda file tampilan yang anda tentukan, maka Windows akan menggunakan tampilan standart.
  6. Apabila kolom "Path to Visual Style" dikosongkan, maka secara otomatis Windows akan mengaktifkan visual style Classic yang desainya mirip dengan versi Windows lama.
  7. Jika anda telah menetukan visual style, klik [OK] lalu tutup jendela Group Policy.

0 comments: