Tuesday, July 1, 2008

Jalankan Program dari IE

Pernahkah Anda bermain internet diwarnet, dimana lingkungan start menu dan akses ke beberapa program diproteksi? Terkadang hal ini cukup menjengkelkan juga. Sebab program-program yang biasa kita pakai, tiba-tiba tidak bisa dijalankan di warnet tersebut.
Sebenarnya melalui Internet Explorer pun Anda bisa program-program didalam Windows. Caranya begini :

  1. Pertama Anda harus mengetahui secara pasti lokasi (patch) dari program tersebut.
  2. Yang perlu Anda lakukan adalah menuliskan langsung path dari file tersebut pada Address Interner Explorer, sama seperti Anda mengetik alamat sebuah situs web. Misalnya Anda ingin menjalankan program telnet (telnet.exe) yang perlu Anda ketikkan dibaris alamat IE adalah "c:\windows\telnet.exe".
  3. Yang perlu Anda perhatkan disini adalah tada garis miring ("/" dan "\"). Garis miring "/" : bila kita mengetik path sebuah program dengan garis miring ini, maka yang terjadi adalah konfirmasi untuk mengunduh dan menjalankan program. Garis miring "\" : bila kita mengetik path sebuah path sebuah progaram dengan garis miring ini, maka yang terjadi adalah program akan dijalankan langsung tanpa konfirmasi.
  4. Trik ini cukup berguna untuk mengakali program proteksi yang hanya melindungi kulitnya saja (start menu), akan tidak berfungsi bila program proteksi menerapkan proteksi folder (read, write, execute).
Selain bisa dipakai untuk menjalankan program, tahukah Anda bahwa melalui baris alamat Internet Explorer, Anda juga dapat mematikan dan restart komputer? Caranya sangat gampang. Anda cuma perlu mengetikkan "c:\windows\rundll.exe user.exe,exitwindowsexec." Trik ini hanya berlaku untuk IE versi 5.5 atau lebih lama.

0 comments: