Sunday, May 10, 2015

Mengisi Baterai Smartphone Lebih Cepat

Lamanya waktu saat mengisi baterai smartphone memang terkadang bikin bete. Apalagi bagi kamu yang aktivitas kesehariannya berkutat dengan smartphone. Namun tahukah bahwa ada cara yang bisa dilakukan agar waktu pengisian baterai lebih cepat. Namun tentu saja cara ini tidak akan membuat proses pengisian menjadi secepat kilat. Tapi paling tidak kamu akan merasakan perbedaan waktu pengisian dibanding tidak melakukan panduan seperti yang akan saya tunjukkan berikut ini.
Matikan smartphone

Cara ini merupakan yang paling ampuh dalam mempercepat proses pengisian baterai. Logikanya, dalam kondisi mati, berarti tidak ada daya yang terpakai sehingga proses pengisian lebih cepat. Selain itu, dalam kondisi mati baterai tidak akan sepanas saat dinyalakan sehingga akan lebih tahan lama.

Aktifkan mode Airplane
Jika tidak ingin mematikan smartphone, kamu bisa mengaktifkan mode Airplane. Mode ini menggunakan konsumsi baterai yang sangat rendah karena mematikan beberapa feature utama yang menggunakan daya besar, seperti jaringan telepon (3G), mobile data, GPS, serta WiFi.

Jangan digunakan

Layar aktif menggunakan daya paling besar pada smartphone. Oleh karena itu hindari untuk memeriksa smartphone berulang-ulang. Jika ingin cepat terisi penuh, sebaiknya jangan mengutak-atik untuk sekedar melihat notifikasi, atau bahkan sambil bermain game.

Gunakan charger yang tepat
Usahakan selalu menggunakan charger bawaan yang memang sudah dioptimalkan untuk mengisi baterai. Jika menggunakan charger lain, gunakan charger yang memiliki output yang lebih besar.

Gunakan colokan listrik

Pengisian baterai akan lebih cepat jika dilakukan melalui colokan listrik yang tersedia. Menggunakan kabel USB bukan solusi yang tepat jika kamu mempermasalahkan lamanya waktu pengisian. Daya yang diambil melalui port USB memiliki output lebih kecil (antara 0,5 – 0,9 Ampere), sedangkan menggunakan charger bawaan memiliki output 2 Ampere.

Matikan feature/aplikasi
Jika kamu terbilang orang yang sibuk dan sering mendapat panggilan telepon, mungkin mematikannya saat pengisian baterai bisa membuat orang sulit menghubungi. Solusinya, matikan beberapa feature atau aplikasi yang terbukti banyak menguras baterai.

Pengaruh suhu

Pastikan bahwa saat pengisian baterai, hindari perangkat dari kondisi yang bisa menyebabkan panas berlebih. Contohnya diletakkan didekat komponen listrik lainnya atau terkena sinar matahari langsung. Baterai panas akan mengakibatkan penurunan kemampuannya dalam menyimpan energi. Semakin panas maka akan semakin boros dan semakin lama dalam saat mengisi baterai.

Dua port USB
Jika terpaksa harus mengisi melalui kabel micro USB, kamu bisa menggunakan kabel yang memiliki dua port diujungnya. Tancapkan dua port tersebut ke komputer dan pastikan tidak ada aliran daya ke port USB lain. Proses ini akan lebih cepat dibanding menggunakan satu port USB.

Kalibrasi baterai

Baterai yang terlalu sering digunakan hingga 0% bisa memperpendek usia yang berakibat pada tidak sempurnanya pengisian baterai. Rawat baterai dengan segera mengisi minimal pada kondisi 5%. Lakukan kalibrasi baterai paling tidak sebulan sekali dengan cara menggunakannya hingga 0% dan isi hingga 100% dalam kondisi mati. Cara ini akan membuat baterai lebih awet dan sehat. Baterai yang sehat akan lebih cepat terisi dan tidak cepat habis dibanding yang sudah berkondisi jelek.

Ganti baterai

Jika segala cara sudah kamu coba namun pengisian baterai tetap berlangsung lama, bisa jadi permasalahan ada pada baterai itu sendiri. Jika demikian, sebaiknya langsung ganti baterai berkualitas yang baru agar tidak berpengaruh pula pada komponen lainnya.

0 comments: