Tuesday, April 16, 2013

Mudahkan Pilih Aplikasi Default

Default App Manager Lite

Aplikasi default pada Android bekerja dengan cara yang sama pada PC. Ketika Anda mengakses sebuah link atau file, maka perangkat akan berasumsi Anda menggunakan sebuah aplikasi default untuk menjalakannya. Tetapi bagaimabna jika Anda menginstal aplikasi lain yang juga dapat mengakses file yang sama?

Memang terdapat cara manual untuk mengatur aplikasi default. Tetapi bila tidak ingin repot anda dapat menggunakan aplikasi Default App Manager Lite yang memungkinkan anda untuk memilih aplikasi default. Menariknya, aplikasi ini akan menampilkan berbagai kategori seperti Browser, Audio, Email dan sebagainya untuk menyesuaikan dengan file yang akan diakses.


1. Install dan jalankan Default App Manager Lite. Pada halaman utama, terdapat CATEGORY Wise yang menampilkan berbagai kategori untuk aplikasi default.
2. Pilihlah salah satu (contoh Audio). Maka didalamnya akan ditampilkan semua aplikasi audio yang terinstal pada perangkat anda. Pilih aplikasi yang akan dijadikan default untuk file audio. Kemudian tap tombol Set Default.
3. Maka anda akan dibawa ke halaman Application  Manager untuk men-tap  tombol Clear Default agar sistem menghapus aplikasi yang sebelumnya telah menjadi default untuk file audio. Jika sudah tekan tombol Back untuk kembali.
4. Lanjutkan dengan men-tap tombol "Set Default". Anda akan dipersilahkan  untuk memilih aplikasi yang akan dijadikan default. Setelah memilih aplikasi, tap tombol always atau Set As Default.
5. Setelah memilih Sebuah aplikasi sebagai default. Anda dapat mencobanya untuk kategori lain.

0 comments: