Friday, June 27, 2014

Manfaatkan CEOP pada IE8

Era jejaring sosial memang sudah merambah ke anak-anak. Konten yang ada di jejaring sosial pun sangat beragam dan ini membuat beberapa user kuatir. Internet sendiri merupakan medai informasi yang sangat bermanfaat sekaligus sangat membahayakan. Bila Anda ingin membuat akses ke internet aman, Anda bisa memanfaatkan fitur dari Internet Explorer yaitu CEOP (Child Exploitation and Online Protection Centre) untuk peningkatan versi Internet Explorer 8. Setting CEOP Disini dipilih paket CEOP, dan Anda bisa menginstal semua paket yang tersedia pada CEOP Tools. Proses instalasi terdiri dari dua bagian, mulai dengan jendela CEOP yang menunjukkan komponen-komponen yang diinstal. Catatan: Komponen-komponen dapat didownload secara terpisah. Jadi bisa disesuaikan untuk komponen CEOP tertentu yang ditambahkan ke browser.
Selanjuutnya akan di pindahkan ke jendela Microsoft Internet Explorer 8. Perlu diperhatikan adalah bahwa di sini anda akan diberitahu bahwa Anda akan harus me-restart komputer Anda, dan jendela lain akan ditampilkan proses log off/logon. Disairankan untuk memperlancar lancar agar me-restart komputer ketika proses instalasi selesai.
Pada bagian EULA Anda dapat melihat versi Windows yang bekerja dengan CEOP Pack.


Setelah Anda bisa melewati instal Microsoft anda akan kembali ke jendela CEOP.
CEOP in Action

Setelah Anda merestart komputer, buka Internet Explorer, maka akan terlihat bahwa situs telah berubah. jadi ketika anak-anak membuka browser maka CEOP akan melakukan kontrol terhadap dunia internet..
Untuk pertama Anda mungkin sedikit bingun dengan tampilannya. Disini Anda bisa dapat menemukan dua penyedia pencarian baru dalam menu drop-down untuk "Search Bar" dan pilih default baru jika diinginkan.
Hal kedua yang harus dicari adalah link yang baru telah ditambahkan ke "Favorites Menu". Link tersebut dapat dipastikan akan berguna untuk Anda dan keluarga Anda
Bagian ketiga adalah "Favorites Bar" yang akan terlihat dalam rangka dengan tombol “Click CEOP”. Jika Anda belum mengkatifkannya Anda perlu untuk mengaktifkan berlangganan "Web Slice".
 Klik pada "Ya" untuk menyelesaikan proses berlangganan.
Klik pada "CEOP", maka akan ditampilkan semua jenis link baru yang membantu memberikan informasi untuk Anda dan anak-anak. Perhatikan bahwa bagian atas dipecah menjadi "topic categories" sementara bagian bawah sudah diatur untuk "age brackets".

Mencari informasi dan bantuan mengenai topik tertentu? Klik pada "Cyberbullying Link" akan membuka halaman web berikut dengan informasi tentang cyberbullying dan link untuk mendapatkan bantuannya.
Bila perlu sesuatu yang difokuskan pada kelompok usia anak? Klik pada link "8-10? "
 Bila ingin informasi yang difokuskan pada Anda? Link "Parent?". Pada "topic categories & age brackets" Maka buatlah tab CEOP dengan memberikan beberapa kriteria.
 Mungkin Anda (atau anak-anak) ingin melakukan pencarian untuk bisa memberi satu pengaruh positif pada anak. Saat Anda mengetik sesuatu yang akan dicari, maka penyedia pencarian akan memberikan saran yang bermanfaat untuk menghadapi masalah tersebut.
Dengan memanfaatkan CEOP ini, Anda tidak perlu kuatir lagi membiarkan komputer kondisi online, terutama bila yang menggunakan masih anak-anak. Bila tertarik untuk memasang CEOP, bisa download di www.ceop.gov.uk.

0 comments: