Sunday, April 24, 2011

Membuat Video Format Flash di PowerPoint

Microsoft Power Point adalah aplikasi untuk presentasi. Jika pada komputer terpasang Microsoft Internet Explorer dan PowerPoint, maka Internet Explorer akan mampu menampilkan slide-slide PowerPoint. Tetapi jika PowerPoint absen, ada PowerPointViewer yang besarnya mencapai 4MB. Jika menggunakan perintah "File">"Package for CD..." pada PowerPoint, tidak akan di peroleh file.exe dari file presentasi sehingga lebih rumit untuk menjalankan pada hard disk. Selain itu file yang dihasilkan pun sangat besar.
Software Power COnverter adalah plug-in untuk PowerPoint yang dapat mengonversi file .ppt menjadi .swf. Dengan begitu, slide presentasi yang kamu buat bisa berubah jadi visedo berformat Flash.
Untuk mencobanya, download Power Converter di sini --> KLIK, kemudian instal pada komputer. Setelah itu:
1. Jalankan PowerPoint dan buka salah satu file presentasi.
2. Klik tombol "PowerConverter" pada toolbar PowerPoint, sehingga muncul dialog PowerConverter.
3. Klik tombol yang terletak di bawah tulisan Stepl Convert to Flash, Power Converter akan mengonversi file .ppt menjadi .swf. Jika jumlah slide yang dikonversi cukup banyak, prosesnya akan cukup lama. Jadi untuk uji ini digunakan file .ppt yang tidak banyak jumlah slide-nya. Jika konversi selsesai, Power Converter akan menampilkan hasil presenrasi PowerPoint tersebut dengan format Flash, untuk mengecek keidentikannya dengan file asal.
4. Setelah konversi selsesai, hasilnya dapat disimpan dalam format .swf atau .exe. Klik tombol "Save as SWF" atau "Save as EXE", akan muncul kotak dialog yang menyarankan nama file dan patch file akan disimpan. Tentukan patch dan isikan nama, kemudian klik tombol "Save".
5. File PowerPoint kamu telah menjadi format Shockwave-Flash.
Pada dialog Power Converter, disebelah kanan atas terdapat menu "Options". Dengan menu ini, hasil format Flash dapat diatur. Klik "Option", akan muncul dialogSet User Preferences.
Kualitas image (JPG quality), frame rate, format Flash movie, latar belakang movie, dan tampilan slide untuk hasil konversi dapat diatur dari tab "Flash Movie". Tab "Audio" mengetur mono/stereo suara video, juga kualitas gambar serta format video yang digunakan.
Tab Navigation and Loading" untuk menampilkan untuk menambahkan tombol-tombol navigasi dan tampilan preloader untuk internet. tab "Animation" mengatur kualitas animasi. Tab "Print unutk membuat file .swf bisa dicetak atau tidak.

0 comments: