Monday, October 20, 2008

Bikin Blog Di Microsoft Word

Microsoft Word bisa di pakai sebagai aplikasi untuk menulis di salah satu layanan blog gratis Blogger. Hanya saja, sebuah software tambahan dibutuhkan. Software itu bernama Blogger for Word.
Salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah Blogger. Situs web yang telah diambil alih oleh Google ini dapat diakses di alamat www.blogger.com. Disitu anda tinggal mendaftar . Selesainya pendaftaran anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan dan menerbitkannya.
Untuk pendaftaran anda memang harus online. Tapi untuk menulis anda tidak perlu online supaya bisa menghemat biaya internet. Cara yang paling sederha adalah dengan menulis blog dulu di penyunting teks, seperti Notepad atau Microsoft Word secara offline. Online-nya baru nanti setelah tulisan selesai dibuat.
Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word. Tapi bukan sembarang Microsoft Word, melainkan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan suatu add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari http://buzz.blogger.com/bloggerforword.html. Ukuran paket instalasinya kecil, cuma 2MB.
Cara pemakainnya bisa diringkas seperti ini. Setelah Blogger For Word diinstal, toolbar Blogger akan muncul pada Microsoft Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tapi jangan online dulu, offline saja. Kalau sudah selesai, nyalakan koneksi internet, lalu publish deh. Nah cara detailnya seperti berikut ini. Disini penulis menggunakan word 2007.

  1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home],[Insert],[Page Layout], dan lain-lain.
  2. Klik [Blogger Setting], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [OK]
  3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].
  4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send].
  5. Selesai.

2 comments:

Handonowarih,S.Si said...

Trims atas panduan tutorial nya, sangat membantu sekali.
http://kuncibisnissendiri.blogspot.com

ady said...

sama-sama,senang rasanya bisa membantu.