Sunday, July 27, 2008

Percepat Akses ke Memory Virtual

Memori utama atau RAM adalah tempat sementara untuk file yang sering digunakan oleh sebuah program yang sedang dijalankan. Tujuan adanya memori utama adalah untuk mempercepat proses perhitungan yang dilakukan oleh procesor.
Kapasitas memori utama pada suatu komputer bisa jadi tidak terlalu besar sehingga kadang-kadang tidak cukup untuk kerjaan yang berat.
Makanya di Windows ada sistem memory virtual. Periksa saja drive C untuk mencari file bernama "pagefile.sys". Ada atau tidak? Kalau ada itulah file memory virtual. File yang biasanya disembunyikan itu akan digunakan saat memory pertama sudah penuh, namun ada program yang butuh tempat di memory utama.
Sayangnya penggunaan memory virtual ini tidak membuat komputer bekerja lebih cepat. Program yang menggunakan memory virtual cenderung bekerja lebih lambat ketimbang program yang menggunakan memory utama.
Kerja komputer akan semakin lambat jika file paging diletakkan pada drive yang sama dengan file system Windows. Hard disk tidak saja disibukkan oleh akses ke file system, tapi juga harus melayani kebutuhan virtual memory.
Andai saja komputer Anda dilengkapi memiliki lebih lebih dari satu hard disk, maka anda bisa sedikit mempercepat akses ke memory virtual-pagefile.sys-ke drive yang berbeda dengan drive file system. Dengan begini beban akses tidak hanya diberikan pada satu hard disk saja, namun juga beban kerja dibagi ke drive yang anda pilih untuk dijadikan lokasi file memori virtual. Dengan demikian mudah-mudahan kerja komputer akan jauh lebih baik.
Eits, file memory virtual tidak bisa dipindah seperti copy-paste yang memang berguna untuk menyalin file. Perlu trik khusus untuk menyalinnya. Berikut ini adalah trikya :

  1. Klik tombol [Start], klik kanan [Computer], dan pilih [Properties].
  2. Setelah jendela system terbuka, klik [Advance system settings].
  3. Di bagian Performance, klik tombol [Settings].
  4. Klik tab [Advance] dan tekan [Change] dibawah Virtual memory.
  5. Pilihlah lokasi drive yang saat ini digunakan untuk menyimpan file memory virtual. Lokasi standardnya adalah di C.
  6. Sebelum melakukan perubahan catalah ukuran awal dan ukuran panjang maksimum yang telah diatur otomatis. Setelah itu pilih opsi [No paging file] dan tekan tombol [Set].
  7. Pilih drive baru.
  8. Setelah drive baru dipilih, tentukan [Custom Size] dan ketikkan angka minimum dan maksimum seperti yang telah anda catat sebelumnya pada langkah ke 6. Jika anda tidak ingin menentukan ukuran paging secara manual, maka anda bisa menyerahkannya secara otomatis ke system dengan memilih opsi [System Managed Size].
  9. Klik tombol [Set], klik [OK]. Kemudian restart windows untuk merasakan perubahan .
  10. Setelah merestart, anda boleh menghapus file pagefile.sys lama. Sebab file tersebut sudah tidak dibutuhkan.

0 comments: