Wednesday, June 25, 2008

Mengaktifkan Password Hibernate

Windows Vista memiliki fitur hibernate sehingga pengguna bisa menghemat listrik. PC seolah-olah dimatikan dengan menonaktifkan beberapa elemen. Tapi PC bisa dinyalakan kembali dengan cepat. Selain itu, setelah menyala seluruh dokumen dan program yang aktif sebelum hibernate tetap aktif.
agar hal ini dapat terjadi, "resep" resep yang digunakan oleh Microsoft adalah dengan menyalin isi memori ke dalam harddisk sebelum komputer di-hibernate. Mengapa isi memori harus disalin ke harddisk? Ini karena sifat dari RAM yang datanya akan terhapus ketika tidak ada arus listrik yang mengalirinya.
Nah, oleh karena itu saat Anda menghidupkan komputer sari hibernate maka Windows akan langsung mesuk ke akun Anda tanpa menanyakan password lagi karena akun Anda memang belum di log off saat hibernate. Jika komputer yang Anda gunakan dipakai oleh banyak orang, ini akan mengganggu privasi Anda.
Cara mengatasinya cukup mudah, aturlah konfigurasi di komputer Anda agar Windows terkunci setelah PC diaktifkan dari hibernate. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Seperti biasa masuklah ke Goup Policy dengan cara menklik [Start] lalu ketikkan "gpedit.msc" dan tekan [Enter].
  2. Cari folder Power Management pada Local Computer Policy\User Configuration\Administrative Templates\System\.
  3. Klik dua kali pada [Prompt for password on resume from hibernate / suspend].
  4. Pilih opsi [Enabled] pada radio button.
  5. Tekan [OK] lalu tutup jendela Group Policy.
Untuk keberhasilan trik ini, klik [Start]>[>]>[Hibernate]. Saat komputer mati, nyalakan kembali. Lihat, Windows akan menanyakan password sebelum kembali ke akun Anda.

0 comments: