Wednesday, June 25, 2008

Membuat Shortcut dengan Registri

Shortcut program pada Windows Vista dan Windows lainnya biasanya dibuat melalui Windows Explorer. Sebenarnya ada satu lagi cara membuat shortcut ini yaitu melalui registri. Di Windows Vista, untuk menjalankan shortcut tersebut, Anda cukup menuliskan nama program di menu Start. Anda tidak perlu lagi membuat file shortcut.
Berikut ini adalah cara pembuatannya.


  1. Jalankan Registry Editor
  2. Masuklah ke subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\App Path, jika tidak Anda temukan buatlah melalui menu [Edit]>[New]>[Key].
  3. Kemidan buatlah subkey baru dengan nama shortcut yang Anda inginkan, misalnya "tes.exe". Jangan lupa melampirkan extensinya juga.
  4. Pada key tersebut, klik ganda data string yang bernama [(Default)], kemudian isikan nilainya dengan patch (alamat) dari file/program dari shortcut tersebut, misalnya C:\program files\lokasi\program.exe.
Untuk melihat hasilnya cobalah ketikkan nama shortcut tersebut pada menu Start. Extensi yang dapat Anda gunakan juga tidak melulu harus .exe, Anda dapat mencoba extensi lain, misalnya ZIP, DOC, dan COM.
Bila Anda menemui beberapa file/program yang Anda buatkan shortcutnya ini masih bermasalah, berarti Anda perlu menambah sebuah data baru yang Path pada key yang sama. Isikan nilai dari data tersebut dengan path tersebut tetapi tanpa nama file atau programnya, misalnya (berdasarkan contoh) kita gunakan C:\Program files\lokasi.

0 comments: